DUNIA

PERISTIWA

DAERAH

SPORT

Anda Penggemar Radio ? Hayo Stay Tune Gelombang 107,7 MHz Suara Teluk Aru, Kata Ketua Cana.

Kamis, 22 Maret 2018 | 22.45 WIB

Sebarkan:


LANGKATPRIAYI.COM - Usai menghadiri acara tabur bibit dan bersih Desa Lama di Kecamatan Sei Lepan,  calon Bupati Langkat, Terbit Rencana Peranginangin S.E melanjutkan ajang silaturahmi dengan dengan Komunitas Radio Star FM. Disana, calon Bupati Langkat itu dengan seksama mendengarkan sejarah berdirinya STAR atau singkatan dari Suara Teluk ARu. sebuah perkumpulan yang didirikan pada tahun 2016 dan diresmikan pada 17 januari 2017.

"
Anda Penggemar Radio ? Hayo Stay Tune Gelombang 107,7 MHz Suara Teluk Aru, dengan mendengar radio waqasan kita akan semakin luas, semoga sukses STAR FM" ujar Ketua Cana.



Berawal dari keinginan 5 orang pendiri Sukrisnur ( Atok Labu) warga Securai selatan Kec. Babalan, Legimen warga Sekoci Kec. Besitang, Elvida Hanim warga BM 1 kec. Sei  Lepan, Salbiah Warga Tangkahan Durian Kec. Berandan Barat dan Yusvanida warga Desa Lama Baru Kec Sei Lepan.

"Didasari keinginan membangun sebuah wadah berhimpunnya masyarakat dengan berbagai karakter USIA, SUKU (RAS), PROFESI dan Hoby. Sebuah wadah yang dibalut dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan. Semangat Gotong Royong, kepedulian sosial serta niat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan semata-mata karena Allah SWT,, Fastabiqul Khoirot" ujar Sukrisnur Labu kepada langkatpriayi.com.

Atok Labu, panggilan udara Sukrianur, menambahkan. Keinginan tersebut muncul berawal dari pertemuan dan kedekatan mereka di radio komersial yang ada di P. Brandan waktu itu.

Namun dikarenakan Keterbatasan untuk berbuat dan berhimpun di radio komersial tersebut akhirnya membuat mereka memutuskan utk membangun sebuah Perkumpulan Komunitas sendiri yg mereka sebut Komunitas Suara Teluk Aru (STAR).

Selanjutnya bermodalkan dana kurang lebih 10 juta dari hasil patungan dan pinjaman para pendiri akhirnya mereka membangun sebuah stasiun Radio Komunitas STAR FM yg dipancar luaskan melalui gelombang 107,7 MHZ. yang didirikan dikawasan Lingkungan Karya Gg. Marcopolo Kel. Tangkahan Durian Kec. Berandan Barat, menumpang disalah satu sudut ruang dapur salah satu Pendiri.

"Melalui Pancaran siarannya. STAR FM kamk jadikan sebagai alat komunikasi dan informasi untuk menarik masyarakat bergabung bersama komunitas kami. Hingga ditahun pertama berdirinya sudah ratusan masyarakat dari berbagai kalangan ,profesi ,suku dan RAS bergabung menjadi anggota Komunitas, dengan kekuatan yang semakin besar itu akhirnya kami memutuskan untuk membangun Studio diatas tanah milik sendiri dari hibah salah seorang warga yang simpati terhadap keberadaan komunitas STAR" beber Atok Labu.

Sejatinya, dalam perjalanan tentunya KOMUNITAS STAR juga banyak menghadapi berbagai rintangan dan ujian, namun berbekal niat tulus dan kesungguhan serta dukungan dari berbagai pihak termasuk Tokoh - tokoh masyarakat seperti H. Syah Afandim selaku Anggota DPRD PROVINSI SUMUT pada waktu itu yang dengan sigap meresfon keinginan warga utk berhimpun dan mengembangkan potensinya sendiri.

"Juga ada andjl pak Suharto, pak Muhammad Yusuf serta ibu Titin Faisal Matondang (Istri Camat Kec. Sei Lepan) selaku tokoh masyarakat dan Penguasa di wilayah Teluk Aru juga sangat berperan dalam memberikan dukungan penuh terhadap Program-program Komunitas STAR" imbuhnya.

Saat ini diusianya yang berjalan tiga tahun Komunitas STAR telah menjadi rumah besar yang mengajarkan bagi Komunitasnya Untuk saling menghargai dan berbagi dalam kasih sayang, saling asih dan asuh satu sama lainnya. 

Atok Labu tak memungkiri, salah satu faktor dibalik kesuksesan Komunitas STAR adalah dukungan besar dari JRKI (Jaringan Radio Komunitas Indonesia) dan Lembaga Bitra Indonesia (LBI) sebagaiembaga pendamping dari program-program kerja STAR selama ini. Banyak dari pengurus dan anggota STAR diikut sertakan dalam pelatihan-pelatihan yg di laksanakan oleh LBI.

** STAR FM Miliki 8 Program Handal Pro Rakyat **

Dalam program-program  kerjanya komunitas STAR berusaha melihat dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan menjawab permasalahan -permasalahan anggota dan masyarakat sekitarnya. Dan berusaha menggali, mengembangkan serta menyalurkan segala lotensi yang dimiliki secara bersama -sama melalui program-program kerja 8 Badan Pelaksananya : 

1. Badan Pelaksana Penyiaran Radio (BPPR) Komunitas STAR FM 107,7 MHZ. Yaitu Media yang diciptakan sebagai alat komunikasi dan informasi masyarakat pendengarnya serta masyarakat umum sejangkau siarnya. Media untuk mengenal dan membangkitkan potensi kesukuan yang ada wilayah jangkauan siar dengan menyajikan program siaran dialog kebudayaan dan lagu-lagu Etnis seperti Etnis Jawa, Melayu, Minangkabau, Kalimantan, Karo, Aceh, Tapsel dan Batak. Sekaligus sebagai wadah untuk melatih bakat, potensi, kemampuan berkomunikasi, IT dan media serta menggali lengetahuan bagi 40 Oranb Penyiarnya.

2. Badan Pengembangan UKM, Pertanian Dan Budidaya " JAYA BERSAMA" adalah badan yang membangun potensi usaha kecil (Home Industri) Pertanian dan Budidaya dengan menciptakan rumah produksi sabun pencuci piring STAR LIGHT dan leternakan, sehingga dapat menambah penghasilan anggotanya.

3. Badan Pengembangan Kesehatan Alternatif "SELARAS ALAM " yaitu badan yang mengembangkan sistem kesehatan dan pengobatan yang berbasis alami dan selaras dengan alam. Dengan metode lembelajaran dan pengenalan terhadap tanaman obat dengan menciptakan apotek hidup di lingkungan sekitar hingga pembelajaran meracik tanaman menjadi ramuan dan obat Herbal dipadukan dengan Sistem lengobatan Akupuntur pada titik-titik saraf tertentu pada tubuh manusia.

Bidang ini juga sudah berkontribusi cukup baik terhadap masyarakat dengan mengadakan Bakti Sosial (Baksos) pengobatan Kusuk akupuntur di setiap hari sabtu.

4. BADAN PENGEMBANGAN CREDIT UNION (CU) "STAR MANDIRI" MERUPAKAN Wadah Yg mengajarkan System Pengelolaan Keuangan Anggota Secara Gotong Royong sehingga anggota Komunitas bisa Mandiri dalam Keuangan dengan Memiliki Wadah TABUNGAN sendiri.

5. Badan PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN EKONOMI KREATIF. ADALAH Wadah yang berkonsentrasi pada pengembangan Potensi Kaum Perempuan dengan menciptakan berbagai Produk Kerajinan Tangan secara bersama dan membangun Pola Pemasarannya. Baik Secara Online maupun Konvensional dgn Menciptakan Taman Kreatifitas STAR dan PUJASERA STAR ( Pusat Jajanan Selera Rakyat).

6. BADAN PENGELOLA RUMAH QUR'ANI " MIFTAHUL ILMI" adalah Wadah Pembelajaran bagi Santriawan dan santriawati serta Masyarakat yg ingin Belajar Membaca Al-qur'an Secara Benar. Atau Metode Pembelajaran Tilawah dan Tahfiz Al-qur'an.

7. BADAN PENGELOLA PERPUSTAKAAN DAN TAMAN "PELITA STAR " Merupakan sarana bermain dan belajar bagi anak-anak dari komunitas dan masyarakat. Sehingga diharafkan Dapat Menciptakan Lingkungan yang Ramah Anak dan menjadi Wadah Untuk Menambah Pengetahuan bagi Masyarakat.

8. BADAN PENGEMBANGAN BAKAT DAN POTENSI. " TALENTA STAR" Adalah Badan yang Berkonsentrasi pada Pengembangan Talenta yg dimiliki anggota Komunitas trutama bagi Kawula Muda. Baik itu dibidang Seni Musik, Seni Suara dll.

Disamping itu Komunitas STAR juga berusaha memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dengan membangun sarana air bersih bagi masyarakat.
Komunitas STAR juga aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan dengan menggelar Donor Darah, menjenguk Masyarakat yg sakit, takjiyah kemalangan dll.

Selainnya itu Komunitas STAR juga setiap tahunnya aktif menggelar Festival-festival anak soleh dalam rangka memeriahkan hari besar Nasional maupun Hari Besar Islam sebagai upaya sosialisasi dan berbaur dengan masyarakat diberbagai wilayah.

Itulah sekilas perjalanan Komunitas Suara Teluk Aru sebagai Upaya masyarakat untuk berhimpun dan menjadikannya sebagai potensi untuk berbuat dan berbagi kebaikan ditengah-tengah maraknya pengaruh Negatif dari Perkembangan tekhnologi dan mondrenisasi.

Serta sebagai upaya mengimbangi Pengaruh pergaulan yg kurang sehat bagi generasi bangsa dgn maraknya peredaran Narkoba sampai kepelosok desa.

Atok Labu sebagai Ketua Dewan Pendiri Komunitas STAR senantiasa mengingatkan dan memotifasi akan pentingnya Kebersamaan dan semangat kekeluargaan sebagai kekuatan dasar untuk berbagi Kebaikan,,kita tidak bisa hanya menunggu perubahan tanpa berbuat, maka salah satu upaya kecil untuk menyelamatkan generasi kita dari pengaruh dan kegiatan negatif mereka adalah dengan menciptakan seluas-luasnya sarana dan kegiatan positif bagi mereka".

Akhirnya Mari Bergabung Bersama Komunitas STAR. Karena disinilah kita Bisa Saling Berbagi dalam Kebaikan.

SALAM KOMUNITAS...!
Bersatu Untuk Maju - Berjaya Bersama.

Tulisan asli milik @atoklabu2018


Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru