DUNIA

PERISTIWA

DAERAH

SPORT

Tersentuh Program "Jum'at Berkah" Radio Perkasa, Dimas : Keutamaan Sedekah Dihari Mulia Sungguh Luar Biasa.

Jumat, 27 Juli 2018 | Jumat, Juli 27, 2018 WIB

Sebarkan:

LANGKATPRIAYI.COM - Bermula melintas di Simpang Bupati, antara pertigaan Jalan Proklamsi - KH Zainul Arifin Stabat. M Mas'ud MZ S.H tergugah hati melihat kegiatan sosial bagi-bagi nasi kotak yang dilakukan CEO Radio Perkasa dan Pimred Fikiran Sumut kepada para abang becak, supir angkot dan Anak jalanan di lokasi tersebut, Jum'at (27/7/2018) siang.

Tak hanya tergugah hati, bacaleg asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga turut andil membagikan bingkisan. Pun usai Shalat Jum'at, Masud MZ S.H mendapat kehormatan dengan menjadi tamu undangan dalam acara talk show Radio Perkasa FM di Jl Sudirman,  Kel. Perdamaian,  Kec. Stabat, Jumat (27/07) petang.

Dalam kesempatan wawancara dengan penyiar Wendy,  pria yang akrab disapa Dimas tersebut terkesan dengan gerakan Jum'at berkah yang dilakukan radio Perkasa FM  100.0 Mhz tersebut. 

" Saya merasa terkesan dengan gerakan Jum'at Berkah dan ikut untuk membagi-bagikan nasi kotak. Ini sangat bagus dan harus didukung, apalagi bersedekah dihari Jum'at keutamaanya sungguh luar biasa  " katanya. 

Kedepan nantinya ,Kata Dimas, akan ikut serta berpartisipasi dengan menggelar acara serupa setiap minggunya.  Menurutnya keutamaan bersedekah di hari jum'at lebih besar pahalanya sama dengan bersedekah di bulan Ramadan. 

" Sedekah di hari jumat juga akan membuahkan keajaiban serta pertolongan yang tidak pernh diduga sebelumnya seperti aliran yang semakin lancar,  " katanya.



** Al Qur'an Menganjurkan Sedekah di Hari Jum'at ** 

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS.Al-Jumu’ah: 9)
Hari Jumat merupakan hari yang paling utama dari semua hari dalam sepekan. Dia adalah hari yang penuh barokah. Allah Ta’ala mengkhususkan hari Jum’at ini hanya bagi kaum Muslimin dari seluruh kaum dari ummat-ummatnya yang terdahulu.
Dari Salamah dari Abu Hurairah ra. Nabi saw. bersabda:“Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi, dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu. “(HR. Muslim)
Ibnul Qayyim berkata: “Sedekah di hari Jum’at dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya”.
Hari Jumat adalah hari dimana nilai  atau pahala sedekah berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda : “Pahala sedekah berlipat ganda pada hari Jumat.”
Sedekah di hari Jum’at lebih baik daripada sedekah di hari lainnya. Ibnu Taimiyah jika keluar menuju Jum’at beliau bawa apa yang ada di rumahnya lalu beliau sedekahkan dalam perjalanannya menuju masjid secara sembunyi-sembunyi”.
Namun sedekah tidak hanya berupa uang. Rasulullah bersabda, “ Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruk kepada kebaikan adalah sedekah, melarang daripada kemungkaran adalah sedekah, dan berhubungan badan dengan istri adalah sedekah.” (HR Muslim).
Terlepas dianjurkannya sedekah hari jum’at, tetapi kita jangan terpaku hanya bersedekah di hari jumat saja. Sebenarnya kita harus setiap hari setiap saat untuk selalu bersedekah.
Karena sedekah ini mempunyai banyak manfaat untuk kita yang melakukannya.

Beberapa Manfaat Sedekah

  1. Sedekah dapat mengundang datangnya rezeki. Memberikan berkah pada harta yang ada pada kita, menjauhkan pada bencana, serta menambah keuntungan. Khalifah Ali bin Abi Thalib menyatakan, “Pancinglah rezeki dengan sedekah”.
  2. Sedekah dapat menolak bala. Menjauhkan dari api neraka dan melepaskannya dari kepicikan dunia akhirat. Menjadi naungan di hari kiamat nanti.
  3. Sedekah bisa menyembuhkan penyakit. Menghilangkan kesalahan dan membersihkan kecemaran serta mensucikan dari dosa.
  4. Sedekah dapat menunda kematian dan memperpanjang umur.
  5. Sedekah dapat mendatangkan pertolongan yang diperlukan dalam usaha yang dikerjakan.
  6.  Sedekah dapat meruntuhkan segala benteng setan dan mematahkan segala kekurangan mereka.
  7.  Sedekah memupuk cinta kasih terhadap sesama.
Melihat begitu banyak dari manfaat sedekah di hari jum’at, marilah kita berusaha bersedekah secara ikhlas karena Allah semata.
Insya allah kita akan selalu mendapat pahala dari Allah. Aamiin.
Oleh karena itulah, Nabi Muhammad SAW sangat mengagungkan, mengistimewakan,  serta memuliakan hari jumat di banding hari lainnya.
Beliau perbanyak melakukan berbagai macam ibadah di hari itu.
Dan dari banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang ada di hari jumat di antaranya adalah bersedekah. (bay/pil/watilab.com)


Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru