DUNIA

PERISTIWA

DAERAH

SPORT

Lepas Peserta Napak Tilas BBH Bupati & Wabup Terpilih Turut Dampingi Ngogesa.



LANGKATPRIAYI.COM - Bupati dan Wakil Bupati terpilih ,Terbit Rencana PA S.E dan H Syah Affandin S.H (TERASA) turut serta mendampingi Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu S.H melepas peserta napak tilas, Berandan Bumi Hangus (BBH)  ke – 71 tahun 2018, di Taman Makam Pahlawan Bahagia Desa Sei Siur, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Minggu (12/8/2018).

Untuk diketahui, BBH adalah salah satu rangkaian memeriahkan HUT RI ke 73, yang diselenggarakan rutin oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat melalui Bagian Kesejahteraan Sosial Setdakab Langkat, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Langkat No : 8 tahun 1995 tentang peringatan Hari Bumi Hangus Kota Pangkalan Brandan. Serta surat keputusan Bupati Langkat No: 003.1-18/K/2018 tanggal 15 juni 2018, tentang panitia penyelenggara peringatan Bumi Hangus Kota Pangkalan Brandan ke -71 tahun 2018 Kabupaten Langkat.

"Napak tilas BBH ini diharapkan menjadi inspirasi dang semangat untuk membangun mental  seluruh masyarakat Langkat, terkhusus generasi muda. Dengan menjadi anak – anak bangsa yang unggul  dan berprestasi di tengah persaingan jaman ini, yang semakin kompetitif" ujar Wabup terpilih, H Syah Affandin usai acara.

*Sejarah BBH*


Sebelumnya, Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu  S.H mengisahkan, peristiwa BBH terjadi 13 agustus 1947  tepatnya 71 tahun silam, kala itu seluruh masyarakat dan pejuang Langkat, bersatu padu menghalangi niat penjajah untuk menguasai tambang minyak, walaupun harta beda, cucuran keringat dan air mata , bahkan darah dan nyawa menjadi gantinya.

“Untuk itu, kita semua sebagai masyarakat Kabupaten Langkat harus memiliki kebanggan, atas peristiwa perjuangan tersebut" imbuhnya.

Sementara itu, Ketua panitia acara Musa Pasaribu SPd, pada laporannya, mengucapkan terimakasih kepada H Ngogesa Sitepu SH, yang tidak pernah absen untuk selalu ikut serta mendapingi dan mengiringi kegiatan napak tilas ini, selama dua priode menjabat Bupati Langkat.

"Setiap tahun acara ini selalu meriah dan sukses, hal ini sebab dukungan penuh dari Bupati Langkat, kami atas nama panitia dan masyarakat Langkat, mengucapakan terimakasih kepada H.Ngogesa, semoga beliau dan keluarga selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT" sampainya.

Selanjutnya dijelaskanya, peserta napak tilas mulai berjalan kaki start dari taman makam bahagia Desa Sei Siur Kecamatan Pangkalan Susu menuju finishnya di lapangan bola kaki kampung Baru Kel Brandan Timur Baru Kec Babalan.

Sedangkan jumlah peserta, terdiri dari siswa SLTP dan SLTA, masyarakat umum serta organisasi dan kontingen luar Kabupaten Langkat.

“Dengan rincian peserta SLTP regu berjumlah 35 regu, peserta SLTA regu berjumlah 48 regu, peserta umum dan organisasi berjumlah 23 regu, peserta luar Kab Langkat berjumlah 8 regu berasal dari Kab Aceh Tamiang. Dengan total keseluruhan 115 regu dengan  jumlah peserta 1150 orang" pungkasnya. (pil/rel)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru