|

BNN Langkat Sidak 6 Apotek di Stabat, AKBP Zaini : Tidak Temukan PCC Disini.



Apotek Aisyah Stabat

LANGKAT-Badan Narkotika Nasional (BNN)  Langkat bersama  Satgas P4GN , Dinas Kesehatan dan  Sat Narkoba Polres Langkat  menggelar inspeksi mendadak di 6 Apotek yang berada  di Kota kecamatan  Stabat  Rabu (20/9/2017).

Dari hasil inspeksi mendadak terhadap apotek  di Langkat  belum ditemukan  obat obatan mengandung  PCC yakni Paracetamol, Cafein dan Carisoprodol. Namun Tim akan menidnaklanjuti ke seluruh Apotek yang ada.

“Tim kita tidak menemukan obat obatan PCC. Kalau Apotek menjual obat mengandung Psikotropika  Narkotika memang ada namun sepanjang pengawasan ketat dan selektif seperti resep dokter diperbolehkan sesuai prosedur ,sebut  Kepala BNN Langkat AKBP  Ahmad Zaini melalui Kasi Brantas Kompol Ediyanto  .

Apotek Sentral Stabat
Menurutnya adapun obat-obat yang mengandung Carisoprodol adalah Carnophen, Rheumastop, Somadril, New Skelan, Carsipain, Carminofein, Etacarphen, Cazerol, Bimacarphen, Karnomed.

Adapun Apotek yang di lakukan pemeriksaan Apotek Central, Apotek Citra, Apotek Aisyah, Apotek Perdamaian Stabat, Apotek Yupi Farma, Apotek Wampu Farma.   Dari enam Apotek itu hanya Apotek Aisyah menyediakan/menjual mengandung Psikotropika, yaitu Analsik, Braksidin, Stesolit dan Supp Iny syrup.

Ediyanto mengaku adapun jenis  obat yang mengandung narkotika dan diperbolekkan sepnajnag pengawaasan ketat dimaksud yakni  codein 20 mg tab, codipron syrup, codipront cum exp dan penyaluran/penjualannya secara selektif, ketat dan harus pakai resep dokter.

"Namun pelaporan dalam hal jumlah stok dan penjualannya dimaksud berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat dan sesuai dengan prosedur yang berlaku," katanya  (rel/lpcom).

Komentar

Berita Terkini