|

Seminggu Dilantik Lawyer Kantor Hukum Mas’ud S.H, M.H & Rekan Langsung Beri Bantuan Hukum Gratis Bagi Kaum Miskin, Syaratnya Mudah.



LANGKATPRIAYI – Baru seminggu usai di lantik sebagai pengacara oleh PT Medan, Mas’ud S.H, M.H langsung membuat gebrakan dengan membuka kantor Hukum Mas’ud S.H, M.H dan Rekan di Jalan Jendral A.Yani Kp.Kruni Stabat, Kamis (9/5/2019).



Menariknya, di kantor pengacara muda ini melayani bantuan hukum “Gratis” khusus untuk masyarakat miskin atau tidak mampu. Berikut petikan wawancara langkat priayi dengan Mas’ud S.H, M.H atau akrab disapa Dimas mengenai bantuan hukum gratis tersebut.



Priayi : Assalammualaikum wr.wb apa kabar bang, nampaknya Allah SWT memberi jalan lain menuju Roma ya bang, walau tidak menjadi anggota Legislatif ternyata Tuhan memberi jalan lain dengan menjadi Lawyer.



Dimas : Waalaikumsalam wr.wb, hmm iya hehe,, ternyata Allah SWT menunjukan jalan lain bagi setiap jalan kehidupan ummatnya. Ya, legislatif mungkin belum jodoh kita, Alhamdulillah Allah memberi jalan lain sebagai pengacara, semoga ilmu saya dapat saya dedikasikan untuk menolong sesama, terutama masyarakat msikin yang tidak mampu.



Priayi : Oiya bang, abang sudah menyebut tentang masyarakat miskin “Kurang mampu”, ngomong-ngomong nih bang, itu ada di dinding abang bertuliskan BANTUAN HUKUM GRATIS UNTUK MASYARAKAT MISKIN, maksudnya kekmana bang, dan bagaimana caranya agar masyarakat miskin itu benar-benar mendapatkan bantuan Hukum gratis, yang gratis itu kekmana bang.



Dimas : Baik, pertanyaan bagus ya, begini,, Kantor Hukum Mas’ud S.H, M.H dan Rekan akan memberikan bantuan hukum secara gratis kepada korban ketidakadilan khususnya warga Kabupaten Langkat dan sekitarnya dengan syarat-syarat tertentu. Yang dimaksud dengan gratis adalah, Klien kami tidak dibebani pembayaran honorarium bagi pekerja bantuan hukum.



Priayi : Syarat lainnya bang, ada ? seperti kasus ketidakadilan yang menimpa masyarakat miskin semisal, terus berlandaskan apa agar masyarakat miskin dapat menerima bantuan hukum gratis dari kantor hukum abang, bisa di jelaskan lebih detail ?



Dimas : Hmm iya, permasalahan yang diajukan klien harus mempunyai dasar hukum yang kuat ya, terutama menyangkut kepentingan golongan miskin, dan mengandung dimensi pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang berkaitan dengan  kepentingan masyarakat banyak dan atau berdampak luas terhadap nilai nilai keadilan, itu yang utama. Tentu setiap kasus akan kita telaah lebih mendetail bersama rekan-rekan lainnya, demikian.



Priayi : Belum kelir bang wawancaranya hehehe,,,bang, apakah calon klien dari warga miskin harus mendaftar terlbih dahulu, atau gimana bang untuk mendapatkan bantuan hukum gratis tersebut ?



Dimas : Nampaknya serius bener nih pertanyaannya, oke begini ya, bener calon klien tentu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu, dengan mengisi formulir isian calon klien dengan memperlihatkan e-KTP/SIM/KK, ini pproses sebagaimana alur penanganan kasus. Terus formulir isian calon klien harus diisi dengan benar. Apabila dikemudian hari  diketahui adanya ketidakbenaran pada isian formulir, kantor hukum kita dapat memutuskan hubungan dengan klien secara sepihak. Dan calon klien diharapkan dapat menunjukkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan atau Desa tempat mereka tinggal.



Priayi : Lalu, ada jadwal-jadwal khusus ga bang, bagi warga miskin untuk mendaftar atau sekedar berkonsultasi hukum di kantor abang ?



Dimas : Wadduh panjang ya hahahha,,, hmm ,,tidak,,tidak,, kita kantor baru, ibarat telur baru menetas, jadi kita tidak punya jadwal, orang miskin itu saudara kita, jadi mereka boleh kapan saja datang kemari atau berkonsultasi disini, tak ada waktu khusus.



Priayi : Niatnya apa sihk bang, kok bantuan hukum ini gratis, emang abang ga butuh gajih untuk membayar honor lawyer-lawyer yang tergabung di sini, saya lihat ada 3 orang lawyer di Mas’ud S.H, M.H dan Rekan, niatnya apa cuba ?



Dimas : Soal niat ya, baik, niat pertama itu memberikan bantuan hukum gratis karena ALLAH TA’ALA itu intinya, lalu seperti motto saya “Niat Baik, Perbuatan Baik, Maka Nasip pun akan Baik”. In Shaa Allah rejeki akan mengalir, tak usah sangsi, ALLAH telah menjamin itu semua.



Priayi : Soal Gratis bang, belum tuntas nih pembahasannya, apakah abang akan menanggung semua biaya transportasi calon klien miskin itu ? misalnya dari rumah mereka, makan, minum selama persidangan dan bahkan mengantar mereka kembali kerumah si calon klien, maaf, saya agak bingung soal gratis yang dimaksud hehe.



Dimas : Tidak begitu yang dimaksud dalam pengertian BANTUAN HUKUM GRATIS itu, klien harus menanggung biaya-biaya resmi yang diminta oleh suatu instansi dalam proses penanganan perkaranya. Biaya-biaya resmi dan transportasi diterima langsung oleh bendahara kita nantinya, yang akan memberikan kwitansi dengan stempel kantor advokat kita. Namun terdapat pengecualian bagi klien yang telah memenuhi persyaratan dan didanai bantuan hukumnya oleh Negara, berdasarkan UU No.16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum  terdapat pedoman serta bantuan pembiayaan yang sudah ditentukan.



Nah saya jelaskan sedikit lagi ya, penyelenggaraan pemberian bantuan hukum yang diberikan kepada penerima bantuan hukum merupakan upaya untuk mewujudkan hak-hak konstitusi dan sekaligus sebagai implementasi negara hukum yang mengakui dan melindungi serta menjamin hak warga negara akan kebutuhan akses terhadap keadilan (access to justice) dan kesamaan di hadapan hukum (equality before the law). Bantuan hukum pula merupakan pelayanan hukum (legal service) yang bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum dan pembelaan terhadap hak-hak konstitusi tersangka / terdakwa sejak ia ditahan sampai diperolehnya putusan pengadilan yang tetap. Yang dibela dan diberi perlindungan hukum bukan kesalahan tersangka / terdakwa melainkan hak tersangka / terdakwa agar terhindar dari perlakuan dan tindakan tidak terpuji atau tindakan sewenang-wenang dari aparat penegak hukum.


Dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 27 Ayat (1), dikatakan bahwa: “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan serta wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”.



Sementara itu fakir miskin merupakan tanggung jawab negara yang diatur dalam Pasal 34 Undang-Undang Dasar 1945, yang berbunyi : “Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh Negara”. Gimana, masih kurang paham ? oke ya.



Priayi : Sangat paham, semoga sukses, semoga Niat Baik Perbuatan Baik membuat kantor Mas’ud S.H, M.H dan Rekan semakin baik dan berkibar di seantero Negri Langkat bertuah, bahkan naik level Nasional.



Nah, bagi warga yang kurang mampu, bila ingin mendapatkan lawyer handal bagi permasalahn hukum anda, silahkan datang ke Kantor Hukum Mas’ud  S.H, M.H & Rekan (Advokat / pengacara dan Konsultan Hukum)  "Jejak Langkah Pengacara Rakyat" di Jalan Jendral A.Yani simpang Baso Madangkara KP.Kruni Kelurahan Kwala Bingai Stabat-Langkat. (lkt79/pil)
Komentar

Berita Terkini