|

[Pray For Sambirejo] Ribka Tjiptaning : Kasus Ini Harus diusut Tuntas Hingga Meja Hijau.

dr Ribka Tjiptaning P AAk (poto : FB Ribka Tjiptaning)


PRIAYI - Tragedi Jum'at kelabu, pabrik 'Home industri' korek api mancis di Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai (Langkat) menjadi duka nasional.

Beberapa tokoh politik papan atas turut berbelasungkawa, salah satunya adalah dr. Ribka Tjiptaning P AAk (Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana).

Melalui akun FB terverifikasi miliknya, Sabtu (22/6/2019). Ribka Tjiptaning, anggota Komisi IX DPR RI turut prihatin dan turut berbelasungkawa atas meninggalnya 30 orang karyawan (6 diantaranya anak-anak) karena terbakar di pabrik korek api gas, di Desa Sambirejo, kemarin.

"Saya berpendapat itu sebuah tragedi di bidang ketenagakerjaan. Kasus itu harus diusut tuntas, dan pihak-pihak yang bertanggungjawab harus diajukan ke meja hijau," ujarnya.

Bahkan, anggota Fraksi PDI Perjuangan itu meminta Pimpinan Komisi IX DPR RI untuk segera membuat agenda kunjungan ke pabrik itu.

"Komisi IX harus mencari fakta apakah ada pelanggaran dalam ketentuan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)? Apakah ada kelalian dari Dinas Ketenagakerjaan setempat, khususnya pengawas tenaga kerja?" ujarnya lagi.

Menurut politis senior PDI Perjuangan ini, kunjungan Komisi IX DPR RI itu sekaligus ingin memastikan apakah para korban sudah dilindungi dengan BPJS, baik Kesehatan dan Tenaga Kerja?

"Bila tidak, Komisi IX DPR RI harus memastikan pemerintah untuk memberikan perawatan bagi yang luka dan santunan bagi yang meninggal," pungkasnya. (rel/pil/rt/lkt79)
Komentar

Berita Terkini