|

Buka Satgas PPA, Bupati Langkat : Perempuan & Anak Pilar Bangsa Wajib di Lindungi.



PRIAYI - Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Wakilnya H.Syah 'Ondim' Affandin S.H membuka kegiatan Fasilitasi Tim Pelaksana Forum Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas PPA), di Aula Kantor Pengadilan Negeri Stabat, Senin (5/8/2019).

Dalam arahan nya, Terbit Rencana Peranginangin (TRP) menerangkan, kegiatan ini adalah kegiatan lanjutan dari kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 maret 2019 lalu. Yang bertujuan untuk mempererat koordinasi dari seluruh stakeholder, dalam penanganan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten  Langkat.

TRP berharap, dengan adanya sinergisitas dari seluruh Stakeholder yang ada di Kabupaten Langkat, baik unsur pemerintah, penegak hukum, lembaga dan organisasi – organisasi lainnya. Kedepan, perempuan dan anak yang ada di Kabupaten Langkat,  menjadi terlindungi  dan terpenuhi hak – haknya.

"Kiranya pertemuan ini melahirkan komitmen, bagi kebaikan, perhatian terhadap perempuan dan anak, khususnya di Langkat,”pintanya.

Perlu dilindunginya kaum perempuan dan anak, sambung Bupati, sebab meraka adalah pilar yang sangat berperan penting dalam proses pembangunan. Perempuan merupakan tiang negara yang menjadi penyangga kekuatan bangsa, karena padanyalah terletak keberhasilan dalam membina dan mendidik anak – anak, sebagai generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Sedangkan anak,  adalah potensi masa depan, sehingga jaminan rasa aman dan nyaman, harus di dapat dari orang tua, lingkungan masyarakat sekitar, lingkungan sekolah, penegak hukum dan pemerintah.

“Oleh sebab itu, kita perlu memberikan perhatian dan perlindungan kepada perempuan dan anak, agar terhindar dari segala bentuk tindak kekerasan,”pungkasnya.

Sembari menyampaikan, bahwa selama ini Pemerintah Kabupaten Langkat terus berupaya untuk mewujudkan Langkat menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA). Dimana upaya tersebut, membuahkan hasil dengan memperoleh penghargaan, Langkat sebagai KLA Tingkat Pratama, pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 di Makasar.

Ketua Pengadilan Negeri Langkat, Efendi, dikesempatan sama, mengucapkan  terima kasih kepada Bupati Langkat, atas kepercayaannya melaksanakan kegiatan ini di Pengadilan Negeri Stabat. Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat motivasi dan meningkatkan semangat seluruh pihak terkait, untuk lebih bekerja keras dalam mengayomi perempuan dan anak.

“Semoga dengan semangat itu,  kedepan seluruh bentuk kekerasan kepada perempuan dan anak, tidak terjadi lagi di bumi bertuah ini,”ujarnya.

Kadis PPKB dan  PPA Langkat, Hj. Purnama Dewi Tarigan, pada laporannya, pelaksanaan ini berdasarkan keputusan Bupati Langkat No: 463-19/K/2019 tanggal 16 april 2019 tentang Satgas PPA Kabupaten Langkat 2019. Untuk peserta berjumlah 39 orang, terdiri dari unsur penegak hukum, unsur lembaga dan istansi terkait.

“Sedangkan nara sumbernya dari hakim pengadilan tinggi yang juga selaku anggota Pokja  perempuan dan anak Mahkaman Agung RI Albertina,”sebutnya.

Untuk tujuan kegiatan ini, sambung Hj Purnama, terwujudnya persamaan persepsi diatara aparat penegak hukum dan instansi terkait dalam perlindungan perempuan dan anak,   serta meningkatkan efektifitas hukum, meningkatnya kordinasi dan kerjasama penegak hukum, mengembangkan kearifan lokal, dan adanya pelaporan dan evaluasi pelaksanaan  perlindungan perempuan dan anak  di Langkat.

“Secara sistematis, komprenhensif, berkesinambungan dan terpadu,”jelasnya.

Usai kegiatan, Bupati beserta rombongan dan pihak terkait, bersama-sama meninjau ruang sidang dan tahanan sementara Pengadilan Negri Stabat, untuk anak dibawah umur.

Turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Langkat,  Kapolres Langkat,  Kapolres Binjai, Sekdakab beserta Pimpinan OPD Pemkab Langkat, para peserta kegiatan dan tamu undangan lainnya.(yan/humas)
Komentar

Berita Terkini